Home Blog

Mengapa kamu harus belajar mendengarkan

0

Belajar Mendengarkan orang lain adalah sebagian besar sulit orang lakukan, sebagian besar dari kita ingin lebih memilih berbicara dari pada mendengarkan, saya akan membahas mengapa kamu harus mulai mendengar orang lain, dan apa sih hal hal baiknya jika kamu lebih banyak mendengar daripada berbicara.

Oke, sebenernya saya mulai belajar mendengarkan dimulai dari saat saya diajarkan untuk sukses dalam berhubungan dengan orang lain kita harus mulai banyak mendengarkan, namun sulit untuk memulai mendengarkan orang sepenuh hati, sebagian besar dan termasuk saya diawal-awal lebih memunculkan diri sebagai pendengar bertopeng, maksud saya adalah kita mendengarkan namun hati kita tidak disana, menerawang entah kemana-mana hehehe kamu juga begitu?

Dulu saya adalah orang yang sangat dan haus ingin didengarkan curhatan, omongan-omongan , cerita saya ke orang-orang, namun apa yang saya dapatkan? sahabat saya dan orang-orang tidak mendengarkan dengan sepenuh hati, cenderung menjawab “oh ya“, “itu bagus”, “hmm”. Ya tidak satupun tertarik dan sepenuh hati mendengarkan saya.

Itulah cikal bakal beberapa orang cenderung semakin tertutup dengan orang lain, dan merasa ada atau tidaknya orang lain tidak merubah suatu keadaan dan kondisi mereka. Saya mulai mendengarkan dan belajar untuk berupaya sepenuh hati untuk ada mendengarkan mereka, hingga suatu saat saya berpisah dengan mantan kekasih saya, saya curhat kebeberapa teman namun tidak dapat kepuasan hati, alih-alih menenangkan diri saya, malahan tambah galau SOB. Hingga suatu ketika saya menginstal aplikasi “RILIV”.

RILIV sendiri adalah aplikasi curhat dengan psikolog secara berbayar, dan curhat kesesama orang secara gratis dengan privasi yang sangat terjaga. Alih-alih saya curhat , saya malah tertarik membaca dan membalas curhatan dari mereka, sejak saat itu saya benar-benar seperti tersadar dan membuat pemikiran

MENDENGARKAN ORANG LAIN ADALAH JAWABAN DARI MASALAH KITA SENDIRI

saya banyak belajar mendengarkan dari curhatan-curhatan mereka, dan mampu berfikir lebih rasional, karena jika kita dalam masalah posisi kita adalah melindungi diri , cenderung menyalahkan orang lain namun saat kita mengambil sudut pihak ke 3, itulah saat dimana saya benar-benar mengambil keputusan untuk lebih banyak mendengarkan orang lain daripada berbicara kepada orang lain.

Inilah jawaban mengapa kamu perlu lebih banyak mendengarkan orang lain dan hal-hal positif apa yang bisa kamu dapatkan

  1. lebih memahami bahwa diluar sana orang lain juga memiliki masalah dan lebih banyak yang lebih berat dibanding kita
  2. Kita lebih bisa berfikir Rasional dan menyesuaikan dengan logika yang ada
  3. Kita akan lebih banyak pengetahuan dari masalah-masalah orang lain
  4. orang yang lebih banyak mendengarkan sepenuh hati adalah salah satu hal yang mampu membuat orang lain percaya kepadamu
  5. kamu lebih belajar banyak hal baru dan meningkatkan pengetahuan mu
  6. kamu akan menjadi orang minoritas yang sangat dicari-cari orang lain
  7. dalam ilmu sales , mendengarkan adalah cara menjual yang sangat baik
  8. mendengarkan akan memberikan kamu jawaban-jawaban atas kegalauan atau masalahmu sendiri
  9. lebih banyak memiliki teman dan sahabat

So thats my sharing, i hope you can learn something from that, see you 🙂

Pict form : pexels