Makna siklus kehidupan bagi saya, Kita sebagai manusia pernah kah sadar kehidupan kita terlalu terpola ? coba bayangkan kembali, flashback ingatan mu dikala masih kecil, remaja, pemuda, lalu menjadi dewasa apakah kamu meyakini bahwa kehidupan kita yaitu lahir,  sekolah, masuk kuliah, bekerja dengan gaji yang baik , menikah, memiliki anak, memiliki cucu lalu meninggal dengan tenang? Entah kenapa terbesit hal ini sangat mengganggu bertahun-tahun menghantui pemikiran ku.

Pemikiran yang seakan manusia telah menciptakan robotnya dia sendiri yaitu siklus kehidupanya, lalu saya bertanya dalam hati apakah ini yang saya inginkan ? apakah saya ingin menjadi sama dengan kebanyakan orang yang ada dimuka bumi ini? Apa bedanya kita dengan makhluk hidup lainya, saya sendiri tidak bs menjawabnya untuk temen-temen, yang saya yakini bahwa hidup itu ga bisa seperti itu saja, hidup itu belajar sampai akhir, hidup itu membuat karya, membuat legacy dan membuat hal-hal yang berguna bagi semua orang

Saya telah banyak membuang waktu saya mencoba menjalani hal yang sejalan dengan kebanyakan orang dan membuat saya resah apakah hidup sekotak ini! Namun benar apa kata pepatah, ga ada yang telat, yang ada kita g pernah mau memulainya dan sejak umur 29 saya banyak memutuskan hal-hal yang menurut saya mengganggu makna kehidupan sebenarnya, oke apa langkah kongkrit yang sudah saya ambil ?

Mencoba tantangan baru setiap tahunya, 2017 saya terpuruk titik saya dimana benar-benar muak dengan kehidupan ini dan saat itu ambil keputusan untuk merubah makna siklus kehidupan bagi saya, butuh hampir 1 tahun untuk memulihkan hutang-hutang, pendapatan, dan mental saya. 2018 saya mencoba hal baru di bidang Instagram dan fotografi dan 2019 saya coba memulai belajar videografi, 2020 saya pun belum memikirkanya , mungkin pas awal tahun akan terbesit pikiran hal baru yang ingin dicoba.

Maksud saya disini, kita memang akan masuk siklus mayoritas tersebut, namun kebanyakan orang kalah, pasrah akan apa yang didapatnya skrang, dan berhenti belajar, berusaha dan mencoba hal baru, jika kamu memiliki banyak hal baru, maka kamu akan banyak juga menabur manfaat untuk orang banyak, bukanya kita makhluk sosial ? jadi bergunalah bagi orang lain dan meninggalkan legacy untuk keluarga, anak, cucu dan orang lain.

Facebook Comment