Stop berharap kepada orang lain ! mengapa?

Sudah lama saya tidak menulis di web ini, karena kesibukan dan bisnis baru yang coba saya rintis, banyak hal yang membuat saya jadi berhenti sejenak berbagi sama teman-teman, hari ini keadaan saya sedang tidak fit , namun saat yang tepat untuk saya berbagi dalam tulisan saya tentang “ stop berharap kepada orang lain “.

Banyak dari kita semua, termasuk saya yang didunia kerja, bisnis, sekolah, kuliah apapun tersebut secara sadar tidak sadar kita selalu bergantung dengan orang lain, contoh mudahnya di kalangan anak sekolah , saat ujian sudah terbiasa menyontek ke teman yang lebih pintar suatu saat teman tersebut tidak memberikanya lagi karena alasan apapun, dan kita kecewa dan mulai menggurutu, kok gitu ya sekarang, gara-gara ga dikasi contekan nilai ku ancur, paham ?

Atau sampel yang lainya, suatu lingkungan kerja, untuk mencapai target kita selalu mendorong orang lain untuk mencapai target tersebut, sedangkan diri sendiri menunggu keajaiban agar bisa tercapai, berharap kepada orang lain agar bisa melakukan hal yang ga kita suka dan bisa dibantu terselesekan, dan jika tidak sesuai ekspetasi kita, kita kerap kali menyalahkan si A lah ga menyelesaikan tugasnya dan kita jadi tertunda juga, apakah ada yang mengalaminya ?

Ya saya mengalaminya dan sama dengan temen-temen , juga pernah menyalahkan orang lain,  hingga suatu saat saya beribadah, saya mendapatkan Insight! Untuk mulai belajar STOP BERHARAP KEPADA ORANG LAIN , berikut alasanya saya jabarkan ya :

  1. Berharap kepada orang lain secara berlebihan akan menimbulkan kekecewaan, emosi, dan bisa berujung pada ketidak sukaan bahkan bisa berakhir pada kebencian lalu mendendam
  2. Menjadikan kita malas, tidak mau melakukan semaksimal kemampuan kita berharap semua diselesaikan orang lain
  3. Tidak ada pembelajaran baru yang akan kita dapat jika selalu berharap kepada orang lain
  4. Menjadikan Ego dan kesombongan menguasai kita
  5. Menumpulkan kualitas diri

Wah jika kita sudah ingin stop berharap kepada orang lain, apa yang harus kita lakukan? Dari saya pribadi mungkin tipsnya adalah :

  1. Bukan berharap yang kita tonjolkan, namun percaya kepada orang lain sambil kontroling perubahan
  2. Memberi teladan dan contoh untuk hasil yang kamu inginkan
  3. Belajar lebih banyak dengan melakukan hal yang tidak dilakukan orang lain, karena pada dasarnya jika menunggu semua sesuai kinerja masing-masing maka hasil yang didapatkan bisa kurang maksimal
  4. Ingat kita adalah garam dan terang jadilah orang yang memberi pengharapan kepada orang lain, bukan mengharap kepada orang lain
  5. Lakukan apapun yang terbaik dan yang bisa kamu lakukan saat ini, jika melakukan hal yang tidak kamu paham, bertanyalah kepada orang yang lebih paham atau bisa searching ke Google dan Youtube untuk informasi lebih tepat dan akurat
  6. Selalu berdoa, dan mengucap syukur atas apa yang terjadi saat ini kepada Tuhan
  7. Ingat berharap hanya kepada Tuhan saja bukan kepada sesama.

Demikian yang bisa saya share, semoga bisa menjadi bahan sharingan dan renungan bagi teman-teman, bantu share juga ke lain biar dapat memberkati orang lain lebih banyak lagi ya. God Bless..

Photo by mentatdgt from Pexels

Facebook Comment